Pembelajaran pada dasarnya merupakan sebuah sistem.Dimana didalamnya terdiri dari berbagai komponen-komponen pendukungnya.Sebagai sebuah sistem, masing-masing komponen tersebut membentuk sebuah integritas atau satu kesatuan yang utuh.Masing-masing komponen saling berinteraksi yaitu saling berhubungan secara aktif dan saling mempengaruhi.
Metode merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran.Kegiatan belajar megajar yang melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pengajaran.guru dengan sadar berusaha mengatur lingkungan belajar agar bergairah bagi siswa.Berbagai teori dan pengalaman yang dimiliki salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
Menjadi guru kreatif, profesional dan menyenangkan dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan memilih metode pembelajaran yang efektif.Hal ini penting terutama untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.Cara guru melakukan suatu kegiatan pembelajaran mungkin memerlukan pendekatan dan metode yang berbeda dengan pembelajaran lainnya.
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa metode merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran.Metode dapat juga disebut sebagai cara penyampaian materi pembelajaran dari guru kepada murid.Hal ini sesuai dengan pendapat Sudjana (2000:76) “metode merupakan cara yang diperguanakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”.Oleh karena itu peranan metode mengajar sebagai alat untuk menciptakan proses belajar dan mengajar.Penggunaan metode ini diharapkan dapat menumbuhkan berbagai kegiatan belajar siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru.Metode yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar siswa.
Depdiknas (2008:10) menyebutkan “metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal”.Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja oleh pendidik untuk menciptakan kondisi-kondisi agar peserta didik melakukan kegiatan belajar.Proses belajar mengajar yang baik hendaknya mempergunakan berbagai jenis metode belajar secara bergantian atau saling bahu-membahu satu sama lain.Masing-masing metode memiliki kelemahan dan kelebihannya.Tugas guru adalah memilih berbagai metode yang tepat untuk menciptakan proses kegiatan belajar mengajar.Ketepatan penggunaan metode tersebut sangat bergantung pada tujuan, isi, proses belajar mengajar dan kegiatan belajarnya.Ada bayak metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
***
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Lihat Juga
Ilmu kesehatan masyarakat
Cover Makalah
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Cara Aman Mengotak-atik Setting BIOS PC
Menghitung Kecepatan Alir Arus Listrik
Hukum Ohm
Iq Test
Puisi Kata-kata Ungkapan Hati
Komponen Aktif Dan Pasif
Resistor
Arus Listrik
Tegangan Listrik
Landasan Pendidikan Pancasila
Kedudukan Dan Fungsi Pancasila
Pancasila Sebagai Jiwa, Kepribadian, Pandangan Hidup Dan Dasar Negara
Definisi Metode Pembelajaran
Sejarah Perang Di Vietnam
Proses Kebijakan Luar Negeri Menurut Beberapa Para Ahli
Suku Banyak
Repair Motherboart Computer
Cover Makalah
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Cara Aman Mengotak-atik Setting BIOS PC
Menghitung Kecepatan Alir Arus Listrik
Hukum Ohm
Iq Test
Puisi Kata-kata Ungkapan Hati
Komponen Aktif Dan Pasif
Resistor
Arus Listrik
Tegangan Listrik
Landasan Pendidikan Pancasila
Kedudukan Dan Fungsi Pancasila
Pancasila Sebagai Jiwa, Kepribadian, Pandangan Hidup Dan Dasar Negara
Definisi Metode Pembelajaran
Sejarah Perang Di Vietnam
Proses Kebijakan Luar Negeri Menurut Beberapa Para Ahli
Suku Banyak
Repair Motherboart Computer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar